Kekurangan Dan Kelebihan Solo Traveling atau Berkelompok, Yuk Simak!

Berita Travel Tips Liburan

Banyak orang beranggapan bahwa traveling secara rombongan lebih seru daripada traveling sendirian. Padahal, kedua jenis wisata tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Karena ada kalanya traveling dengan rombongan lebih nyaman, tapi ada kalanya traveling sendiri lebih tepat. Anda bebas memilih apakah ingin bepergian sendiri atau bersama teman.

Sebelum Anda memutuskan untuk bepergian secara rombongan atau sendirian, yuk simak dulu kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis perjalanan.

perjalanan kelompok

Cara ini sering dilakukan oleh banyak orang saat bepergian. Karena traveling secara berkelompok dinilai lebih menyenangkan. Nilai tambah dari jenis perjalanan ini tidak terbatas pada ini.

Bepergian dalam kelompok memungkinkan Anda mengatur waktu, tempat, dan uang dengan lebih baik. Sehingga semua program liburan bisa berjalan sesuai rencana. Dari segi keamanan, traveling dengan gaya ini juga dinilai lebih aman. Karena setiap anggota kelompok bisa saling menjaga.

Meskipun banyak hal positifnya, perjalanan rombongan juga tidak terlepas dari sejumlah kekurangan.

Salah satunya Apakah Anda tidak akan merasa bebas. Karena Anda dan rombongan harus mengikuti jadwal yang telah diperbaiki. Belum lagi jika ada anggota rombongan yang “rewel” pasti akan membuat perjalanan liburan Anda berantakan.

Dari segi keamanan, jenis perjalanan ini tidak selalu memberikan rasa aman yang berlebihan. Apalagi jika Anda bergabung dengan grup yang tidak Anda kenal sama sekali. Anda juga perlu ekstra menjaga barang bawaan Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Perjalanan Sendiri

Selain rombongan, solo travel atau solo travel sering dijadikan alternatif untuk berpetualang. Karena kegembiraan yang datang dengan bepergian sendirian sama baiknya dengan bepergian dalam kelompok.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan seorang diri, Anda akan merasakan kebebasan mengunjungi sejumlah objek wisata tanpa terikat waktu dan jadwal. Tidak hanya itu, bepergian sendirian adalah cara yang bagus untuk mengenal diri sendiri lebih baik dan meningkatkan kepercayaan diri.

Di sisi lain, bepergian sendiri juga memiliki sejumlah kelemahan. Misalnya, Anda mungkin sendirian di jalan dan tidak punya teman untuk diajak bicara.

Belum lagi jika Anda tipikal orang yang tidak pandai mengatur perjalanan, maka solo traveler bukanlah pilihan yang tepat. Karena Anda kewalahan mengelola berbagai agenda perjalanan seperti destinasi, dana, dan perlengkapan perjalanan.

Dari perspektif keamanan, itu cenderung lebih berisiko. Karena Anda tidak memiliki teman yang saling melindungi.

Selain kelebihan dan kekurangan tersebut, saat bepergian sendiri atau berkelompok, Anda perlu memiliki perlindungan tambahan berupa asuransi untuk memastikan perjalanan berjalan lancar dan tanpa hambatan. Salah satu asuransi yang akan menemani petualangan Anda adalah Zurich Travel Insurance.

Asuransi ini menawarkan perlindungan terhadap berbagai risiko selama berpetualang. Selain itu, asuransi perjalanan ini juga memiliki paket polis Duo Plus, cocok untuk para spesialis di antara Anda yang bepergian dengan dua orang atau lebih. Tentu saja lebih murah dengan premi 25% lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.