Mengintip Eksplorasi Budaya hingga Kearifan Lokal bareng Terios 7 Wonders 2022

Berita Travel

Penasaran dengan kelanjutan kisah seru tim ekspedisi Terios 7 Wonders 2022? Perjalanan kali ini berlanjut ke 3 keajaiban berikutnya, yaitu desa adat Prai Ijing (Keajaiban 2), desa adat Prailiu (Keajaiban 3) dan perbukitan Tenau (Keajaiban 4).

Dibutuhkan sekitar 2 jam untuk mengunjungi desa adat Prai Ijing (Keajaiban 2) yang berjarak sekitar 66 km dari Danau Weekuri (Keajaiban 1). Tahukah Anda bahwa desa adat ini memiliki sejarah yang menarik? Nama Prai Ijing sendiri berasal dari bahasa lokal Sumba, Prai yang berarti desa dan Izin yang berarti hutan buah Kedondong. Namanya juga mencerminkan desa ini, yang sebenarnya dikelilingi oleh banyak pohon Kedondong hutan dan berusia lebih dari 180 tahun.

Rumah adat juga memiliki filosofi khusus, terdapat batu nisan di depan rumah adat untuk mengingatkan masyarakat akan proses kelahiran dan kematian. Akses menuju desa adat ini juga cukup mudah, sehingga turut serta dalam modernisasi aktivitas masyarakat setempat yang semula bertani dan bertani kini dipersembahkan untuk para wisatawan.

Dalam Wonders 3 yaitu Desa Adat Prailiu, sebuah tarian tradisional Sumba disuguhkan kepada tim ekspedisi setibanya di tempat tujuan. Desa ini terkenal dengan tenun Sumba asli yang tersebar di seluruh dunia. Tim Terios 7 Wonders juga diundang untuk melihat proses menenun kain tersebut. Sama seperti kampung adat Prai Ijing sebelumnya, rumah kampung disini juga terdiri dari 3 bagian yaitu bagian bawah tanah untuk ruang jenazah, bagian tengah untuk ruang tamu dan bagian atas untuk rumah penopang.

Setelah itu, tim ekspedisi melanjutkan perjalanan menuju Wonders 4 yaitu Bukit Tenau. Bukit ini merupakan sabana yang hijau dengan bentuk yang unik dan menarik yang berpadu menjadi perbukitan dan menyejukkan mata pengunjung yang melihatnya. Bukit Tenau berjarak sekitar 15 km dari Waingapu dan dapat ditempuh dengan kendaraan seperti mobil atau motor.

Setelah mengunjungi 3 destinasi, tim ekspedisi melanjutkan perjalanan menuju Kambaniru untuk beristirahat dan bangun untuk melanjutkan perjalanan menuju destinasi Wonders selanjutnya. Penasaran? Tunggu updatenya ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.