Sandiaga Uno Dukung Formula E Sebagai Event Wisata Berkelanjutan

Berita Travel Rekomendasi Wisata Tips Liburan

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mendukung penuh terselenggaranya balapan Formula E yang akan digelar di Jakarta pada Sabtu, 4 Juni 2022. Ia juga menyampaikan bahwa event olahraga ini mengedepankan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Dari awal, kami telah memberikan beberapa manajemen dengan persyaratan pelaksanaan dan dukungan dalam bentuk izin dan surat keringanan, ”kata Sandiaga Uno saat berkunjung ke Batam pada 31 Mei 2022.

Menurut Sandiaga, Formula E merupakan ajang internasional yang mengusung tema perubahan iklim. Itu sangat cocok dengan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,” katanya.

Balapan Formula E atau Jakarta E Prix 2022 merupakan seri kesembilan. Jakarta E-Prix hanya akan menggelar satu sesi balapan, seperti Mexico City E-Prix (Seri 3), Monaco E-Prix (Seri 6) dan Marrakech E-Prix (Seri 10).

Rangkaian sesi dimulai dengan dua sesi latihan bebas, dilanjutkan dengan kualifikasi dan diakhiri dengan balapan. Sekitar 20 pembalap ikut serta dalam balapan mobil listrik.

Sandiaga mengatakan pihaknya juga akan mensukseskan acara ini, antara lain berkoordinasi dengan PT Jakarta Propertindo, Dinas Pariwisata DKI Jakarta dan Ketua Eksekutif Komite E Ahmad dari Komite Foroniev. “Semuanya kami siapkan, kebetulan saya mengabdi di DKI,” katanya.

Merujuk pada topik sponsorship yang banyak dibicarakan belakangan ini, Sandiaga mengatakan itu bukan kewenangan departemennya. Ia menggunakan program sponsorship dalam program business-to-business Formula One seperti MotoGP Mandalika.

Parekraf menyiapkan biaya hosting saat itu karena sekarang diselenggarakan oleh Pemprov DKI, jadi biaya hosting disiapkan oleh DKI,” kata Sandiaga.

Sandiaga juga meyakini dengan kerjasama dan kolaborasi semua pihak terkait, ajang Formula E dapat sukses dan semakin memajukan pariwisata olahraga Indonesia. “Sport tourism menjadi primadona,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.